5 Fakta Menarik AG 2018, eSports Sang Pembawa Angin Baru!


Pagelaran berolahraga paling besar di Asia, Asian Games 2018, telah di muka mata. Selekasnya berjalan pada hitungan minggu saja, yaitu tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018, Indonesia menjadi tuan-rumah akan menyelenggarakannya di dua kota, Jakarta serta Palembang.

Ini adalah ke-2 kalinya Indonesia dipercayakan menjadi tuan-rumah Asian Games. Pertama-tama dipercayakan menjadi tuan-rumah masih tetap pada saat pemerintahan presiden Soekarno di tahun 1962, serta berjalan pada tanggal 24 Agustus sampai 4 September 1962.

Mengusung tagline Energy of Asia yang tercermin dalam bermacam segi di Indonesia, dari mulai keberagaman budaya, bhs, dan peninggalan histori. Diluar itu, ada juga beberapa hal menarik yang lain yang patut buat kamu kenali sekitar Asian Games 2018 ini. Ingin tahu sahabat eSports? Team Esports. ID akan merangkumnya dalam lima kenyataan menarik mengenai Asian Games 2018 berikut ini.

Vietnam mengundurkan diri menjadi tuan rumah

Ibukota Vietnam, Hanoi, sebelumnya ditunjuk menjadi tuan-rumah untuk Asian Games ke-18 pada tanggal 8 November 2012, sesudah menaklukkan kota-kota lainnya yang ajukan menjadi tuan-rumah, yaitu Surabaya serta Dubai. Akan tetapi, per tanggal 17 April 2014, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung mengatakan jika Hanoi menarik diri menjadi tuan-rumah karena ketidaksiapan serta resesi ekonomi hingga negara tidak dapat bangun sarana serta tempat yang dibutuhkan untuk acara itu.

Setelah itu, pada tanggal 5 Mei 2014, OCA berkunjung ke beberapa kota di Indonesia yang sangat mungkin menjadi tuan-rumah Asian Games seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, serta Palembang. Akan tetapi Surabaya lalu mengambil keputusan tidak untuk jadi tuan-rumah Asian Games serta ingin lebih konsentrasi menjadi tuan-rumah Asian Youth Games pada tahun 2021.

Pada tanggal 25 Juli 2014, dalam pertemuan di kota Kuwait, OCA menunjuk Jakarta menjadi tuan-rumah Asian Games 2018, dimana Palembang menjadi tuan-rumah simpatisan. Penjadwalan Asian Games yang awal mulanya direncanakan pada tahun 2019 pada akhirnya dimajukan jadi tahun 2018, karena ada pilpres (pemilihan presiden) yang akan berjalan tahun kedepan.

eSports menjadi angin baru di Asian Games 2018

Dalam Asian Games 2018 akan ada keseluruhan 40 cabang berolahraga yang dipertandingkan. Diluar itu, untuk kali pertamanya juga eSports serta polo kano akan dipertandingkan menjadi berolahraga ekshibisi (demo sport). Timbulnya eSports menjadi salah satunya cabang berolahraga yang dipertandingkan di Asian Games pasti adalah angin baru dalam suatu arena multi-event.

Hal seperti ini disaksikan dari cukuplah berbedanya sistem kompetisi pada eSports serta berolahraga tradisionil. Pengunaan piranti elektronik walau menjadi penunjang utama dalam eSports nyatanya tidak seutuhnya mutlak serta membuatnya jauh berlainan dengan piranti yang dipakai oleh beberapa atlet berolahraga tradisionil. Atlet eSports juga membutuhkan latihan intens baik dari sisi perebutan permainan, reflek, taktik, dan membaca gerakan musuh.

Enam cabang game yang akan dipertandingkan dalam ekshibisi Asian Games 2018 merupakan Ajang of Valor, League of Legends, Hearthstone, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, serta Starcraft II.

Api kekal dari India

Obor api yang akan dibawa ke Asian Games 2018 dihadirkan secara langsung dari India, menjadi tuan-rumah pertama Asian Games pada tahun 1951. Api ini diambil dari tempat Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi, tempat penyelenggaran Asian Games di India. Api ini lalu dibawa ke Indonesia memakai pesawat Boeing 737 400 punya TNI AU. Diluar itu, lima pesawat tempur sejenis T-50 Golden Eagle juga mengawal pesawat pembawa obor Asian Games itu.

Sesudah tiba di Indonesia, api kekal dari India itu akan dikumpulkan dengan api kekal yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah serta kemudain dibawa menuju Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setelah itu, obor Asian Games itu akan diarak keliling 54 kota serta kabupaten di Indonesia dengan rute seperti berikut :

-Yogyakarta-Semarang (18 Juli)
-Solo (19-20 Juli)
-Blitar-Kepanjen-Malang (20 Juli)
-Bromo-Probolinggo-Situbondo- Bondowoso (21 Juli)
-Banyuwangi (22 Juli)
-Gilimanuk-Kuta-Tanah Lot-Tampak Siring-Denpasar-GWK Bali (23-25 Juli)
-Mataram (25 Juli)
-Raja Ampat-Sorong (26-27 Juli)
-Tanjung Bira-Makassar (28-29 Juli)
-Banjarmasin (30 Juli)
-Aceh (31 Juli)
-Danau Toba-Tobasa-Tapanuli Utara (31 Juli-1 Agustus)
-Pekanbaru-Siak (1 Agustus)
-Bukit Tinggi (2 Agustus) J-
-Jambi (2 Agustus)
-Palembang-Musi Banyuasin-Panukal Abab Lelatang Ilir-Prabumulih-Ogan Ilir-OKI (3-7 Agustus)
-Tulang Bawang-Lampung (7-8 Agustus)
-Serang (9-10 Agustus)
-Purwakarta-Bandung-Garut (10-12 Agustus)
-Cianjur-Bogor (13-14 Agustus)
-Istana Bogor-Gelora Bung Karno Jakarta (15-18 Agustus)

Tiga maskot Asian Games 2018

Maskot untuk Asian Games 2018 nyatanya juga mempunyai filosofinya sendiri loh sahabat eSports. Tiga maskot yang dibikin untuk Asian Games 2018 ini mempunyai nilai-nilainya sendiri yang mencerminkan keberagaman di Indonesia.

Pertama merupakan Bhin-Bhin yang merepresentasikan taktik, serta terinsipirasi dari burung Cendrawasih. Bhin-Bhin memakai rompi bermotif ciri khas dari suku Asmat yang adalah asal dari burung Cendrawasih. Maskot ke-2, Atung, merupakan melambangkan kecepatan serta tergugah dari rusa Bawean yang umum didapati di Pulau Bawean, Jawa Timur. Atung juga kenakan kain dengan motif tumpak ciri khas Jakarta. Paling akhir, Kaka yang di inspirasi dari badak bercula satu melambangkan kemampuan, dengan kain penutup motif bunga ciri khas Palembang.

Asian Games pertama yang diselenggarakan di dua kota

Asian Games 2018 adalah kali pertamanya diadakan di dua kota yaitu Jakarta serta Palembang. Palembang ditunjuk menjadi tuan-rumah simpatisan untuk Asian Games 2018. Persiapan Palembang menjadi tuan-rumah simpatisan tampak begitu mantap dengan beberapa persiapan yang telah selesai semenjak tahun kemarin.

Dengan keseluruhan 12 cabang berolahraga yang akan dipertandingkan di Palembang, diprediksikan akan tiba seputar 3200 atlet yang nanti akan berada tinggal di Jakabaring Sport City (JSC).

Bagaimana sahabat eSports, tentulah sesudah tahu fakta-fakta ini kita makin tidak sabar untuk melihat dengan cara langsung Asian Games 2018 kan? Siapa nih sahabat eSports yang ada di Jakarta atau Palembang yang akan melihat secara langsung Asian Games? Tetap dukung team serta pemain Indonesia di beberapa cabang berolahraga termasuk juga eSports yah! Mudah-mudahan mereka dapat berikan hasil yang terunggul serta banggakan Indonesia!

1 comment:

  1. INDOPK.COM AGEN POKER ONLINE DOMINO QQ DAN BANDAR CEME TERPERCAYA
    Ayok di coba dan di kunjungi langsung situs poker online IDNPLAY / INDOPK.
    Dengan modal Rp 10.000 sudah bisa bermain dan sudah bisa jutawan. modal kecil pendapatan oke 💪
    Kami juga memberikan bonus bagi member baru yang bermain di indopk sebesar 10% dengan minimal deposit Rp 25.000.
    Untuk bonus rollingan 0.5% , bonsu Refferal 10% seumur hidup tanpa ada perantara.
    Cukup 1 User ID = 6 Game sudah bisa anda mainkan
    Silahkan bertanya kepada saya CS Indopk ,Siap memberikan Pelayanan yang nyaman dengan kontak di bawah ini :
    UntuK info Lebih lanjut Hubungi kontak DIbawah ini:
    ::. BBM : 2BA2EB3B / DC228738
    ::. WA : +6282297638024

    Link Alternatif :
    www.indopk99.net
    www.indopk99.info
    www.indopk99.org
    www.indopk99.com

    Terima Kasih Salam INDOPK !

    ReplyDelete